Rabu, 30 Oktober 2013

Keanehan2 pada saat berjualan online part 1

Assalamualaikum..
Selamat pagi juragan, semoga pagi yang indah banyak keberkahan dan rejeki kepada kita semua..
aamiin..

sedikit cerita saja, saya berjualan online dimulai dari tahun 2010 sampai sekarang (2013) berarti udah 3tahun.
dulu pada saat awal2 berjualan online tidak begitu aneh menghadapi konsumen, ada yang baik, ada yang biasa, ada yang ribet.
pada saat mulai menekuni bisnis di satu bidang ini (Bag & cases) kurang lebih udah setahun, mulai deh banyak konsumen yang aneh (aneh lo yah bukan ribet). kalau menghadapi konsumen ribet udah biasa, nah kalau yang aneh? betul2 bingung kadang sampai bingungnya tidak saya balas smsnya (mau balas apa kan bingung).

kalau dihitung2 sms yang nanya tiap harinya lumayan banyak dan ada aja yang nyelip pertanyaan yang aneh, ada juga yang bikin emosi, ada juga konsumen yang biasa aja, banyak juga yang baik.

sekedar sharing saja untuk konsumen2 yang ribet, biasanya tanya2 ga jelas nanya kemana aja, ribet pengen pakai jasa paketan ini lah itu lah eh ujung2nya balik lagi kalau ga TIKI atau JNE, minta potoin lah, pokoknya permintaan diluar topik yang dijual (sering banget) padahal setiap iklan saya udah jelas ada keterangannya, foto juga foto dari produknya (ga comot dari google, asli foto sendiri), harga juga ada tp masih banyak yang baca keterangan iklan setengah2, memang budaya membaca kita masih kurang, maka dari itu saya memberikan saran agar baca dulu iklan sampe bosen karena anda membeli masa barang yang mau dibeli ga paham kayak apa bentuknya, spesifikasinya, dll. oke balik lagi ke konsumen yang ribet, banyak sekali konsumen yang ribet ini malah transaksinya jadi ribet betulan (ini seriusan), misal pada sebelum transaksi konsumen yang ribet ini minta ini itu, pada saat transaksi ribet juga (telpon2 terus apa uang udh masuk, bahkan salah satu konsumen ribet saya ampe bikin status di sosial media bahwa dia kena musibah belanja online kena tipu karena dia udah transfer duit tp sms dia dan telponnya tidak direspon selama 15menit saja!! OMG saya lagi naik motor ujan2an mana bs respon pada saat itu). nah, biasanya konsumen yang super ribet suka dapat masalah di bagian pengiriman (saya juga ga ngerti kenapa) kadang yang harusnya pengiriman 3hari malah molor jadi seminggu (ini sering kejadian untuk yang ribet berlibet) lalu konsumen ribet pasti marah2, miscal udh kayak ditagih hutang, kapan nyampe dsb. (padahal no resi udah dikasih)..

kadang2 kalau dapet calon konsumen ribet saya agak lambat responnya karena itu tadi kalau dari awal ribet suka ada aja masalah (saya juga kurang tahu kenapa), nah sebaliknya kalau konsumen ga ribet pasti lancar jaya dari awal sampe akhirnya, maka disarankan selain membaca iklan sampe jelas juga jangan terlalu berlibet agar dilancarkan segala2nya.

sekarang saya mau cantumkan sms pagi ini yang agak aneh yang saya dapat , semoga jadi contoh dalam bertutur kata..

kalau saya bilang "iya" berarti saya beneran ngasih barang dagangan saya ke agan ini (plis deh!)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar